Pages

02 Oktober 2012

PROFILE BMT MASDA


PROFILE  BMT MASDA


  


Koperasi Syari’ah BMT Masyarakat Madani Sumatera Utara didirikan Pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2007 merupakan koperasi Syari’ah BMT yang diinisiasi oleh Bapak Poniman dan Kawan-kawan di Sumatera Utara Dan Memperoleh Badan Hukum menteri Negara urusan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah SK Nomor; 518.503/29BH/II/KUK/2007 pada tanggal 27 Maret 2007 dengan Akta Notaris No. 108 Notaris Binsar Simanjuntak SH.

Koperasi Syari’ah BMT MASDA merupakan jawaban sebagai respon positif berkembang pesatnya lembaga-lembaga keuangan mikro non bank dengan berbasis syari’ah.
             Dengan BMT, diharapkan dapat terhimpun potensi ekonomi ummat sehingga BMT diharapkan ke depan mampu bertindak sebagai mediator sekaligus motivator bagi pertumbuhan usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai basis pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Melalui pengembangan usaha mikro/kecil melalui  fasilitas pembiyaan untuk modal usaha dan pendampingan manajemen serta pengembangan jaringan.
Kemiskinan hanya dapat dientaskan oleh orang miskin itu sendiri, BMT hanya memfasilitasi Firman Allah SWT “Tuhan tidak merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri yang merubahnya” (QS. Ar-Ra’d ayat  11).

Sekilas Tentang Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil  Masyarakat Madani
            BMT atau Baitul Maal wat Tamwil adalah lembaga keuangan non bank yang berbasiskan syari’ah. BMT terdiri dari dua bagian yaitu Baitul Maal dan Baitul Tamwil dengan fungsinya sebagai berikut:

Baitul Maal
            Kegiatan Baitul Maal adalah sebagai badan amil yang menerima  titipan zakat, infaq dan sadaqah untuk kemudian menyalurkannya sesuai dengan peraturan dan amanahnya.
Baitul Tamwil
            Baitul Tamwil lebih berorientasi kepada bisnis, mencari laba bersama, meningkatkan pemanfaatan ekonomi paling bawah untuk anggota dan lingkungannya.
Dalam praktiknya, Baitul Tamwil menghimpun tabungan dan titipan untuk kemudian dana tersebut disalurkan kepada yang membutuhkan dalam bentuk pembiayaan dengan prosedur yang lebih gampang dan berdasar bagi hasil.


Struktur Pengurus
Koperasi Syari’ah Baitul Maal Wat Tamwil
Masyarakat Madani Sumut
Priode 2011-2012



 B.     Struktur Pengurus, Pengawas dan Pengelola BMT Masyarakat Madani Sumut

1.      Pengurus
¡  Ketua                :          Drs. M. Yusman 
¡  Sekretaris       :         Wiwin Nuzanah ST, MT
¡  Bendahara      :         Dakwati S.Pdi.
2.      Pengawas
§  Ketua                :           Poniman, ST
§  Sekretaris       :           Suheri
§  Anggota            :           Friyadi, SE
                                                                   Faisal Rahmad
                                                                   Chairumni, ST
3.      Pengelola
§  Manajer Pembiayaan/Marketing          : Dian Guntur Ansari HSB
§  Manajer Baitul Maal/Pendampingan    : Muhammad Soleh Sitorus Pane
§  Kasir/Teller                                              : Nong Safitri
§  Akunting/Pembukuan                            : Sri Masita Dewi
§  Pelayanan Nasabah/Costumer Service : Darma Arini


C.    Visi & Misi  
Visi
*      Menjadi sebuah Lembaga Keuangan yang mandiri, sehat, besar dan kuat profesional, jujur, terpercaya, amanah, akuntabel, selamat dan sejahtera pada tahun 2012.
Misi
*      Menumbuh kembangkan pengusaha mikro/kecil agar tangguh dan profesional dalam tekad mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan antara si miskin dan si kaya dan meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia.




D.    Produk-Produk Tabungan Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil  Masyarakat Madani

  1. Produk Simpanan/Tabungan
            Koperasi Syari’ah BMT Masyarakat Madani SUMUT telah meluncurkan beberapa produk  Simpanan/Tabungan antara lain:
¨  Tabungan  Berjangka (TAJAKA)
Simpanan yang hanya dapat diambil sesuai dengan jangka waktu yang disepakati : 3, 6 dan 12 bulan
¨  Tabungan  Idul Fitri (TADURI)
Simpanan yang diniatkan untuk memenuhi kebutuhan idul fitri dan dapat diambil menjelang hari raya idul fitri.
¨  Tabungan  Qurban  (TAQUR)
Simpanan yang diniatkan khusus untuk ibadah qurban dan dapat diambil menjelang hari raya qurban.
¨  Tabungan  Pendidikan Anak  (TADIKA)
Simpanan untuk persiapan kebutuhan biaya pendidikan anak, pengambilannya biasanya digunakan menjelang awal tahun ajaran baru.
¨  Tabungan  Mandiri Sejahtera  (TAMARA)
Simpanan biasa yang dapat diambil setiap waktu.

2.      Produk Pembiayaan
            BMT juga meluncurkan berbagai macam produk pembiayaan mikro bagi pengembangan usaha, antara lain:
¨  Pembiayaan Mudarabah
Pembiayaan yang ditujukan untuk usaha produktif anggota keseluruhan pembiayaan dibiayai oleh BMT, penentuan porsi bagi hasil sesuai dengan kesepakatan.
¨  Pembiayaan Murabahah
Yaitu anggota perlu sarana usaha namun belum ada dana. BMT membelikan dan menjualkan kepada anggota tersebut dengan harga dan pembayaran jatuh tempo yang disepakati.

¨  Pembiayaan Musyarakah
       Yakni pembiayaan usaha produktif anggota yang modalnya di biayai bersama antara BMT dan anggota dengan porsi modal dan bagi hasil sesuai kesepakatan.
¨  Pembiayaan Ba’i Bitsamal Ajil
Yakni pembiayaan bagi anggota yang membutuhkan sarana usaha atau suatu barang, BMT membelikan dan menjualnya kepada yang bersangkutan dengan harga dan angsuran yang disepakati.
¨  Pembiayaan Qardul Hasan
       Adalah pembiayaan yang ditujukan bila anggota berada pada situasi yang sulit dan tidak memiliki modal, lebih diutamakan untuk kegiatan sosial.

  1. Badan Usaha Riil (Busriil)
            Badan usaha riil adalah kegiatan usaha BMT untuk meningkatkan keuntungan dan memberikan kekuatan modal yang diperlukan untuk usaha-usaha seperti:
¨  Usaha Kedai Kelontong
¨  Warung Internet
¨  Reparasi Komputer
¨  Perbengkelan
¨  Rumah Sakit
¨  Perumahan
¨  Dll


  
C.    Keuntungan Menyimpan di Baitul Maal Wat Tamwil :
1.    Anda akan mendapatkan bagi hasil setiap bulan.
2.    Anda sudah beribadah sosial, ikut membantu mengembangkan atau menetaskan usaha kecil, karena simpanan anda dipergunakan untuk membantu usaha kecil.
3.    Anda juga telah menolong diri sendiri karena mempunyai simpanan yang dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.
4.    Simpanan anda dikelola secara profesional dan baik sesuai dengan norma agama.
5.    Simpanan anda aman karena dikelola secara bersama dan tanggung renteng.
6.    Simpanan dan pengambilan diatas Rp500.000,- bisa dijemput dan diantar.
7.Anda turut membantu usaha kecil bahwa dalam meningkatkan kesejahteraan dan amal ibadahnya dalam menghidupi keluarganya.
D.    Lokasi Baitul Maal Wat Tamwil 
            KOPERASI SYARI’AH BMT Masyarakat Madani SUMUT  beralamat di Jl. A. Rahman Hakim No 161 Kelurahan Medan Timur Kecamatan Medan Area. Pada Akte Notaris BINSAR SIMANJUNTAK SH No 108 27 Maret 2007 (Sebelum Perubahan). Setelah hasil RAT  Tahun Buku 2010 pada Anggaran Dasar perubahan dan di Akte Notariskan MUHAMAD IRWAN HRP SH MKn. berpindah alamat di Jl.Sidomulyo Pasar IX  Dusun XIII Desa Sei. Rotan No: 96 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara (dibelakang  pabrik Baja Utama). Telepon /Fax  061-7389517 kode Pos 20371 .


C.    Pengembangan Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil  Masyarakat Madani
Kedepan, BMT harus mampu terus berkembang, terutama ditandai dengan meningkatnya jumlah asset yang berasal dari peningkatan kuantitas dan kualitas tabungan.
Akan segera diluncurkan berbagai program pengembangan, terutama berkenaan dengan program marketing agar terjaring sebanyak mungkin calon nasabah penabung potensial. Calon nasabah penabung ini akan diupayakan dari lingkungan dan warga Al Washliyah sendiri, seperti dari murid-murid sekolah-sekolah binaan Al Washliyah. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan melakukan penetrasi pasar dengan masuk ke segmen umum dengan tetap mempertimbankan asas profesionalisme dan memperhatikan tingkat persaingan yang sangat tinggi antar lembaga keuangan bank maupun non bank.
Untuk penyaluran pembiayaan, akan dilakukan seleksi yang ketat sebagai bagian dari prinsip kehatian-hatian bagi lembaga keuangan, namun tetap memberi kemudahan akses pembiayaan bagi usaha potensial yang tidak tersentuh oleh bank (unbankable).


D.    Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Insani Calon Pengurus/Pengelola Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil  Masyarakat Madani

Untuk meningkatkan pengelolaan lembaga keuangan mikro yang sehat dan kuat maka diperlukan pelatihan dan pengembangan diri sumber daya manusianya bagi setiap pengurus dan pengelola lembaga keuangan seperti koperasi, koperasi syari’ah, BMT dan lembaga keuangan sejenis maka BMT Masyarakat Madani akan melakukan pelatihan dan pengembangan diri bagi anggota dan pengurus lainnya dalam bentuk sosialisai dan pelatihan secara rutin minimal dalam satu bulan sekali mengadakan kegiatan pelatihan yang dimaksud untuk menambah semangat kerja dan profesionalisme pengelolaan lembaga keuangan mikro:

¨  Bagi setiap teller/kasir diadakan pelatihan sekali dalam setiap bulan di minggu pertama.
¨  Bagi setiap customer service pelatihan sekali dalam setiap bulan di minggu kedua.
¨  Bagi manajer marketing pelatihan sekali dalam setiap bulan di minggu ketiga.
¨  Bagi manajer baitul maal pelatihan sekali dalam setiap bulan di minggu keempat.
¨  Bagi pengurus pelatihan dilakukan setiap tiga bulan sekali.
¨  Bagi calon anggota baru dilakukan setiap tiga bulan sekali. 












1 komentar:

  1. Maju terus Kopsyah BMT Masyarakat Madani Sumatera Utara...

    Semoga bisa menjadi panutan, bukan hanya untuk masyarakat namun untuk Kopsyah dan BMT yang baru berkembang di Sumatera Utara...
    amin

    BalasHapus