PROFILE BMT MASDA
Koperasi Syari’ah BMT Masyarakat Madani Sumatera Utara didirikan Pada hari Selasa tanggal 27 Maret 2007 merupakan koperasi Syari’ah BMT yang diinisiasi oleh Bapak Poniman dan Kawan-kawan di Sumatera Utara Dan Memperoleh Badan Hukum menteri Negara urusan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah SK Nomor; 518.503/29BH/II/KUK/2007 pada tanggal 27 Maret 2007 dengan Akta Notaris No. 108 Notaris Binsar Simanjuntak SH.
Koperasi Syari’ah BMT MASDA merupakan jawaban sebagai respon positif berkembang pesatnya lembaga-lembaga keuangan mikro non bank dengan berbasis syari’ah.
Dengan BMT, diharapkan dapat terhimpun potensi ekonomi ummat sehingga BMT diharapkan ke depan mampu bertindak sebagai mediator sekaligus motivator bagi pertumbuhan usaha-usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai basis pengembangan dan pemberdayaan masyarakat. Melalui pengembangan usaha mikro/kecil melalui fasilitas pembiyaan untuk modal usaha dan pendampingan manajemen serta pengembangan jaringan.
Kemiskinan hanya dapat dientaskan oleh orang miskin itu sendiri, BMT hanya memfasilitasi Firman Allah SWT “Tuhan tidak merubah nasib suatu kaum sehingga kaum itu sendiri yang merubahnya” (QS. Ar-Ra’d ayat 11).
Sekilas Tentang Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil Masyarakat Madani
BMT atau Baitul Maal wat Tamwil adalah lembaga keuangan non bank yang berbasiskan syari’ah. BMT terdiri dari dua bagian yaitu Baitul Maal dan Baitul Tamwil dengan fungsinya sebagai berikut:
Baitul Maal
Kegiatan Baitul Maal adalah sebagai badan amil yang menerima titipan zakat, infaq dan sadaqah untuk kemudian menyalurkannya sesuai dengan peraturan dan amanahnya.
Baitul Tamwil
Baitul Tamwil lebih berorientasi kepada bisnis, mencari laba bersama, meningkatkan pemanfaatan ekonomi paling bawah untuk anggota dan lingkungannya.
Dalam praktiknya, Baitul Tamwil menghimpun tabungan dan titipan untuk kemudian dana tersebut disalurkan kepada yang membutuhkan dalam bentuk pembiayaan dengan prosedur yang lebih gampang dan berdasar bagi hasil.
Struktur Pengurus
Koperasi Syari’ah Baitul Maal Wat
Tamwil
Masyarakat Madani Sumut
Priode 2011-2012
B.
Struktur Pengurus, Pengawas dan Pengelola BMT Masyarakat Madani Sumut
1. Pengurus
¡ Ketua : Drs.
M. Yusman
¡ Sekretaris : Wiwin
Nuzanah ST, MT
¡ Bendahara : Dakwati
S.Pdi.
2. Pengawas
§ Ketua : Poniman,
ST
§ Sekretaris : Suheri
§ Anggota : Friyadi, SE
Faisal Rahmad
Chairumni,
ST
3. Pengelola
§ Manajer Pembiayaan/Marketing : Dian Guntur Ansari HSB
§ Manajer Baitul Maal/Pendampingan :
Muhammad Soleh Sitorus Pane
§ Kasir/Teller : Nong Safitri
§ Akunting/Pembukuan : Sri Masita Dewi
§ Pelayanan
Nasabah/Costumer Service : Darma Arini
C. Visi & Misi
Visi
Menjadi sebuah Lembaga Keuangan yang
mandiri, sehat, besar dan kuat profesional, jujur, terpercaya, amanah, akuntabel, selamat dan sejahtera pada tahun 2012.
Misi
Menumbuh
kembangkan pengusaha mikro/kecil agar tangguh dan profesional dalam tekad
mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan antara si miskin dan si kaya
dan meningkatkan kesejahteraan hidup umat manusia.
D. Produk-Produk Tabungan Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil
Masyarakat Madani
- Produk Simpanan/Tabungan
Koperasi
Syari’ah BMT Masyarakat
Madani SUMUT telah meluncurkan beberapa produk Simpanan/Tabungan antara lain:
¨ Tabungan
Berjangka (TAJAKA)
Simpanan yang hanya dapat
diambil sesuai dengan jangka waktu yang disepakati : 3, 6 dan 12 bulan
¨ Tabungan
Idul Fitri (TADURI)
Simpanan yang diniatkan untuk
memenuhi kebutuhan idul fitri dan dapat diambil menjelang hari raya idul fitri.
¨ Tabungan Qurban
(TAQUR)
Simpanan yang
diniatkan khusus untuk ibadah qurban dan dapat diambil menjelang hari raya
qurban.
¨ Tabungan
Pendidikan Anak (TADIKA)
Simpanan untuk persiapan kebutuhan biaya pendidikan anak, pengambilannya biasanya
digunakan menjelang awal tahun ajaran baru.
¨ Tabungan
Mandiri Sejahtera (TAMARA)
Simpanan biasa
yang dapat diambil setiap waktu.
2. Produk Pembiayaan
BMT
juga meluncurkan berbagai macam produk pembiayaan mikro bagi pengembangan
usaha, antara lain:
¨ Pembiayaan
Mudarabah
Pembiayaan yang ditujukan untuk usaha produktif
anggota keseluruhan pembiayaan dibiayai oleh BMT, penentuan porsi bagi hasil
sesuai dengan kesepakatan.
¨
Pembiayaan
Murabahah
Yaitu anggota perlu sarana usaha namun belum ada
dana. BMT membelikan dan menjualkan kepada anggota tersebut dengan harga dan
pembayaran jatuh tempo yang disepakati.
¨
Pembiayaan Musyarakah
Yakni
pembiayaan usaha produktif anggota yang modalnya di biayai bersama antara BMT
dan anggota dengan porsi modal dan bagi hasil sesuai kesepakatan.
¨
Pembiayaan Ba’i Bitsamal Ajil
Yakni pembiayaan bagi anggota yang membutuhkan
sarana usaha atau suatu barang, BMT membelikan dan menjualnya kepada yang
bersangkutan dengan harga dan angsuran yang disepakati.
¨
Pembiayaan Qardul Hasan
Adalah pembiayaan yang ditujukan bila
anggota berada pada situasi yang sulit dan tidak memiliki modal, lebih
diutamakan untuk kegiatan sosial.
- Badan Usaha Riil (Busriil)
Badan
usaha riil adalah kegiatan usaha BMT untuk meningkatkan keuntungan dan
memberikan kekuatan modal yang diperlukan untuk usaha-usaha seperti:
¨ Usaha Kedai Kelontong
¨ Warung Internet
¨ Reparasi Komputer
¨ Perbengkelan
¨ Rumah Sakit
¨ Perumahan
¨ Dll
C. Keuntungan Menyimpan di Baitul Maal Wat Tamwil :
1. Anda akan mendapatkan bagi hasil setiap
bulan.
2. Anda sudah beribadah sosial, ikut membantu
mengembangkan atau menetaskan usaha kecil, karena simpanan anda dipergunakan
untuk membantu usaha kecil.
3. Anda juga telah menolong diri sendiri
karena mempunyai simpanan yang dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhan.
4. Simpanan anda dikelola secara profesional
dan baik sesuai dengan norma agama.
5. Simpanan anda aman karena dikelola secara
bersama dan tanggung renteng.
6. Simpanan dan pengambilan diatas
Rp500.000,- bisa dijemput dan diantar.
7.Anda turut membantu usaha kecil bahwa
dalam meningkatkan kesejahteraan dan amal ibadahnya dalam menghidupi
keluarganya.
D. Lokasi Baitul Maal Wat Tamwil
KOPERASI SYARI’AH BMT Masyarakat Madani SUMUT beralamat di Jl. A. Rahman Hakim No 161
Kelurahan Medan Timur Kecamatan Medan
Area. Pada Akte Notaris BINSAR SIMANJUNTAK SH No 108 27 Maret 2007 (Sebelum
Perubahan). Setelah hasil RAT Tahun Buku
2010 pada Anggaran Dasar perubahan dan di Akte Notariskan MUHAMAD IRWAN HRP SH
MKn. berpindah alamat di Jl.Sidomulyo Pasar IX Dusun XIII Desa
Sei. Rotan No: 96 Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Propinsi
Sumatera Utara (dibelakang pabrik Baja Utama). Telepon /Fax 061-7389517 kode Pos 20371 .
C.
Pengembangan Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil
Masyarakat Madani
Kedepan, BMT harus mampu terus berkembang, terutama ditandai dengan
meningkatnya jumlah asset yang berasal dari peningkatan kuantitas dan kualitas
tabungan.
Akan segera diluncurkan berbagai program pengembangan, terutama berkenaan
dengan program marketing agar terjaring sebanyak mungkin calon nasabah penabung
potensial. Calon nasabah penabung ini akan diupayakan dari lingkungan dan warga
Al Washliyah sendiri, seperti dari murid-murid sekolah-sekolah binaan Al
Washliyah. Namun demikian, tidak tertutup kemungkinan melakukan penetrasi pasar
dengan masuk ke segmen umum dengan tetap mempertimbankan asas profesionalisme
dan memperhatikan tingkat persaingan yang sangat tinggi antar lembaga keuangan
bank maupun non bank.
Untuk penyaluran pembiayaan,
akan dilakukan seleksi yang ketat sebagai bagian dari prinsip kehatian-hatian
bagi lembaga keuangan, namun tetap memberi kemudahan akses pembiayaan bagi
usaha potensial yang tidak tersentuh oleh bank (unbankable).
D.
Pengembangan Dan Pelatihan Sumber Daya Insani Calon Pengurus/Pengelola
Kopsyah Baitul Maal Wat Tamwil
Masyarakat Madani
Untuk meningkatkan pengelolaan
lembaga keuangan mikro yang sehat dan kuat maka diperlukan pelatihan dan
pengembangan diri sumber daya manusianya bagi setiap pengurus dan pengelola
lembaga keuangan seperti koperasi, koperasi syari’ah, BMT dan lembaga keuangan
sejenis maka BMT Masyarakat Madani akan melakukan pelatihan dan pengembangan diri
bagi anggota dan pengurus lainnya dalam bentuk sosialisai dan pelatihan secara
rutin minimal dalam satu bulan sekali mengadakan kegiatan pelatihan yang
dimaksud untuk menambah semangat kerja dan profesionalisme pengelolaan lembaga
keuangan mikro:
¨ Bagi setiap teller/kasir diadakan
pelatihan sekali dalam setiap bulan di minggu pertama.
¨ Bagi setiap customer service pelatihan
sekali dalam setiap bulan di minggu kedua.
¨ Bagi manajer marketing pelatihan sekali
dalam setiap bulan di minggu ketiga.
¨ Bagi manajer baitul maal pelatihan sekali
dalam setiap bulan di minggu keempat.
¨ Bagi pengurus pelatihan dilakukan setiap
tiga bulan sekali.
¨ Bagi calon anggota baru dilakukan setiap
tiga bulan sekali.
Maju terus Kopsyah BMT Masyarakat Madani Sumatera Utara...
BalasHapusSemoga bisa menjadi panutan, bukan hanya untuk masyarakat namun untuk Kopsyah dan BMT yang baru berkembang di Sumatera Utara...
amin