13 Agustus 2019

ABDSI Korwil Sumut. Hrnas UMKM 2019, UMKM KUAT BANGSA BERMARTABAT.


Asosiasi Business Development Service Indonesia (Lembaga Layanan Pendampingan Koperasi dan UMKM ). Memperingati Hari Nasional (Harnas) UMKM  yang jatuh pada tanggal 12 Agustus 2019, menjadi momen untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan. Dewan Pengurus Nasional (DPN) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI) sebagai wadah bagi konsultan bisnis dan pendamping UMKM se-Indonesia mendorong dan mengajak semua pihak untuk memperingati Hari Nasional UMKM ini dengan mendorong  untuk meluruskan niat dan besarkan hati dalam mewujudkan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Nasional.
 Korwil ABDSI  Sumatera Utara,, mengatakan, Hari UMKM adalah Hari Kerja, pengingat untuk Meluruskan niat  dan membesarkan hati bagi seluruh pemegang kepentingan meneguhkan semangat kerja kewirausahaan, semangat kerja membangun ekonomi kerakyatan dan membangun kebanggaan dan rasa percaya diri UMKM sebagai kekuatan untuk menjadi lumbung kesejahteraan bagi para pmangku kepentingan stake holder,Sehingga UMKM Kuat  bangsa bermartabat.

"Peringatan Hari Nasional UMKM dimaksudkan menjadi pusat,layanan,pendampingan,pembiayaan,produksi,pemasaran,kemasan dan lainya dengan berjamaah dalam membangun karakter, produktivitas, dan daya saing UMKM," demikianlah di sampaikan
Sekjend. ABDSI KORWIL.Sumut Yusman Yusuf MA.

Dijelaskan dia, Harnas UMKM mengambil momentum kelahiran Bapak Bangsa Mohammad Hatta, sebagai peletak dasar ekonomi Kerakyatan, yang dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1902 di Bukit Tinggi. Harnas UMKM sendiri untuk meningkatkan martabat para pelaku gerakan koperasi dan Umkm di seluruh Indonesia ,khususnya sumatera utara., dikatakan dia, lahir atas inisiasi dari ABDSI. Sebut Yusman mengatakan, di tahun ini, peringatan Harnas UMKM merupakan yang keempat (IV)Dan momen ini terus konsisten dilakukan oleh ABDSI korwil sumut untuk menggaungkan semangat berjamaah, dan melakukan program-program nya terutama menjalankan layanan bagi koperasi dan UMKM di seluruh kabupaten dan kota di sumatera Utara.Dan Senantiasa mengharapkan dukungan pemerinta provinsi dan kabupaten/kota di sumut .ABDSI KORWIL Sumut,Mengambil semangat pada deklarai Kongres UMKM Nasional 2016 di Yogyakarta lalu, dengan harapan  UMKM kuat bangsa berdaulat. Dapat menjadi tulang punggung pertumbuhan perekonomian kesejahteraan secara Nasional.

"Puncak peringatan Harnas UMKM tahun 2019 sendiri telah diselenggarakan dengan berbagai kegiatan melalui event Creative SME Festival 3-6 Agustus 2019 di Yogyakarta.

Dengan diperingatinya Harnas UMKM tersebut, lanjut dia, DPN ABDSI berharap momen ini menjadi sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan. Karena itu, ABDSI mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam pengembangan ekonomi lokal dengan penguatan UMKM dan Koperasi.

"UMKM Kuat, sebagaimana dalam Roadmap UMKM Kuat 2045 adalah UMKM yang kuat pembiayaannya, kuat karakternya, kuat produktivitasnya, kuat daya saingnya," kata dia.

Untuk mewujudkan hal itu, tambah dia, maka ABDSI dari tingkat pusat sampai ke daerah harus berada di garda terdepan dalam inovasi sistem pendampingan dalam melayani koperasi dan UMKM berbasiskan pada layanan  pendampingan creativity, dan connectivity, dengan cara menyusun rencana strategis pengembangan UMKM dan koperasi di masing-masing daerah menyesuaikan RPJMD .

"Dengan menyesuikan program   RPJMD Pada setiap daerah inilah dibangun sebagai bagian reposisi ABDSI menjadi organisasi pendamping KUMK yang mandiri, profesional, dan go modern,go digital,go public dapat bersinergi dalam layanan umkm," .Kata Yusman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar